RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MI
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas/Semester : V (Lima) / 1
Alokasi Waktu : 2X 35’ Menit
Standar Kompetensi : Beriman kepada hari akhir (kiamat)
Kompetensi Dasar : Mengenal adanya hari akhir (kiamat)
Indikator
· Menjelaskan pengertian hari akhir
· Menyebutkan dua jenis hari akhir (macam-macam hari kiamat)
· Menjelaskan perbedaan pengertian kiamat sugra dan kubra
· Menjelaskan dalil adanya hari akhir ( dalil aqli dan dalil naqli)
· Menyebutkan tanda-tanda hari akhir
· Menyebutkan hikmah beriman kepada hari akhir
Tujuan Pembelajaran
· Siswa dapat menjelaskan pengertian hari akhir setelah berdiskusi kelompok
· Siswa dapat menyebutkan dua jenis hari akhir dengan benar setelah mendengarkan penjelasan dari guru
· Siswa dapat menjelaskan pengertian kiamat sugra dan kubra dengan percaya diri setelah melihat gambar dan video hari kiamat
· Siswa dapat menjelaskan dalil aqli dan dalil naqli melalui kegiatan diskusi kelompok
· Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda hari kiamat dengan benar dan tepat setelah melakukan diskusi kelompok
· Siswa dapat menyebutkan hikmah beriman kepada hari akhir setelah melakukan diskusi kelompok
Nilai Karakter yang diharapkan
No
|
Nilai Karakter
|
Uraian
|
1
|
Religious
|
Siswa membiasakan berdoa sebelum memulai pelajaran
|
2
|
Disiplin
|
Duduk rapi dan tidak bersikap gaduh dalam kelas
|
3
|
Perhatian
|
Tenang dan serius ketika menyimak penjelasan dari guru
|
4
|
Tanggung jawab
|
Siswa dapat mengikuti kegiatan pembelajaran (diskusi kelompok) dengan penuh antusias
|
Materi Pembelajaran : hari kiamat
Media Pembelajaran :
ü Lagu rukun iman
ü Video hari kiamat
ü Gambar hari kiamat
ü Rangkuman singakat
ü Bintang skor (reward)
Strategi Pembelajaran : Cooperative Learning, active learning (tim game tournament)
Metode Pembelajaran :
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi kelompok
· Game quiz
Langkah – langkah kegiatan pembelajaran :
Waktu
|
Langkah Pembelajaran
|
Metode
|
Sumber Belajar
|
5’
|
Kegiatan awal
§ Guru mengawali pelajaran dengan salam, menanyakan kabar siswa dan membuka pelajaran dengan Basmalah
§ Guru memberikan apersepsi dengan bertanya kepada siswa “apa kalian pernah dengar apa itu hari kiamat? Apa yang kalian ketahui tentang hari kiamat?”
§ Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu “rukun iman”, bahwa percaya adanya hari akhir merupakan salah satu rukun iman ke 5
§ Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa hari ini
§ Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
Tanya Jawab
Bernyanyi
|
Pengalaman siswa
|
20’
30’
10’
|
Kegiatan inti
Eksplorasi
§ Guru menunjukkan gambar tentang hari kiamat
§ Guru menjelaskan tentang kiamat sugra dan kiamat kubra beserta contohnya, (guru mencontohkan bahwa kejadian tsunami, tanah longsor, banjir dll termasuk kiamat sugra)
§ Guru menunjukkan video hari kiamat yang merupakan kiamat kubra
§ Guru memberikan sedikit penjelasan tentang hari kiamat dan tanda-tanda hari kiamat
Elaborasi
§ Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 anak
§ Guru membagikan rangkuman singkat tentang hari kiamat yang berisi (pengertian, macam2, dalil, tanda-tanda, dan hikmah beriman pada hari akhir)
§ Secara berkelompok siswa belajar sambil berdiskusi tentang materi tersebut
§ Guru mengadakan kuis dengan memberikan pertanyaan seputar rangkuman yang telah di diskusikan
§ Masing-masing siswa dari tiap kelompok boleh menjawab (bersifat individu)
§ Siswa dari kelompok yang sering menjawab dan jawabannya benar, maka tim kelompoknya yang menang
§ Guru memberikan kesimpulan dengan melakukan tanya jawab secara bersama-sama dengan siswa
Konfirmasi
§ Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami
§ Guru memberikan penguatan dan kesimpulan secara bersama-sama dengan siswa
|
Tanya jawab
Ceramah
Diskusi kelompok
Tanya jawab
Ceramah
|
Buku paket Aqidah Akhlak MI kelas V semsester 1
|
5’
|
Kegiatan akhir
§ Guru memotivasi siswa dengan kata-kata nasehat bahwa “hari kiamat pasti tiba, maka dari itu kita harus menambah iman dan ibadah kita kepada allah, dengan rajin sholat fardhu, shalat sunnah, mengaji al-quran, berbakti pada ortu, dan berbuat yang baik pada sesama dsb agar kita mendapat pertolongannya ketika dialam akhirat”
§ Guru menutup pelajaran dengan hamdalah dan mengakhiri dengan salam
|
Ceramah
|
Pengalaman siswa dan guru
|
Alat / Sumber Belajar : - Buku paket Aqidah Akhlak kelas 5 semester 1.
- Buku teks tentang hari kiamat
- www,youtube.com/www.google.com
Penilaian
o Jenis : Tes
o Bentuk : Lisan
o Instrument
Indikator pencapaian kompeensi
|
Jenis penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Contoh instrumen
|
· Menyebutkan dua jenis hari akhir (macam-macam hari kiamat)
· Menjelaskan pengertian kiamat sugra dan kubra
· Menyebutkan tanda-tanda hari akhir
· dll
|
Tes
|
Lisan
|
§ Sebutrkan macam-macam hari kiamat?
|
o Pedoman Penskoran
No
|
Aspek yang dinilai
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Apa pengertian hari kiamat?
|
Hari hancurnya dunia, ketika manusia dibangkitkan dari kubur
|
10
|
2
|
Apa saja macam-macam hari kiamat ?
|
Kiamat sugra dan kiamat kubra
|
10
|
3
|
Jelaskan perbedaan kiamat sugra dan kubra ?
|
Kiamat sugra :kiamat kecil, kiamat kubra : kiamat besar
|
10
|
4
|
Sebutkan tanda-tanda hari kiamat ?
|
Ketika matahari terbit dari barat, tidak terdengar suara adzan, munculnya dajjal, dll.
|
10
|
5
|
Dst
|
Dst
|
...
|
Jumlah
|
100
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar